Nama Anggota :
Imam Damara 09032id.blogspot.com
Ichsan Syah Lubis10011ichsan.blogspot.com
Arief Tri Prabowo 10118arief.blogspot.com
Robert Gagne
Dari
hasil pembahasan yang telah dilakukan oleh kelompok, didapatkan berbagai
pendapat dari masing-masing anggota kelompok yang kemudian dibahas berdasarkan
teori belajar Robert Gagne. Adapun teori-teori yang dipakai seperti:
1. Keterampilan apresiasi dan penalaran manusia
dengan semua variasinya, dan juga harapan, aspirasi, sikap, dan nilai-nilai
manusia, umumnya diakui bahwa perkembangannya sebagian besar bergantung pada
peristiwa yang disebut dengan belajar (Gange,1985,h.1)
2. Tiga
prinsip pembelajaran yang efektif :
·
Memberikan pembelajaran
·
Memastikan bahwa setiap tugas komponen
itu dikuasai
·
Sekuensi tugas yang dikerjakan
3. Dalam
proses pembelajaran hal yang sangat dominan berperan yakni yang dipengaruhi
oleh stimulus respon dan kognitif.
4. Terdapat
5 asumsi dasar kondisi belajar Gagne, dua diantaranya adalah :
* Banyak hasil belajar manusia
digeneralisasikan keberbagai macam situas
* Belajar manusia adalah kumulatif;
belajar keterampilan yang kompleks didasarkan pada belajar sebelumnya.
5. Gagne melihat proses belajar mengajar dibagi menjadi beberapa komponen
penting yaitu :
1. Fase – fase pembelajaran seperti (1) Receiving the stimulus situation (apprehending), (2) Stage of acquisition, (3) Storage,
(4) Retrieval.
2. Kapabilitas manusia dari hasil belajar (outcomes)
seperti : informasi verbal, keterampilan intelektual, keterampilan motorik,
sikap dan strategi kognitif.
3. Kondisi atau tipe pembelajaran seperti kondisi
internal dan eksternal atau lebih terperinci seperti signal learning, stimulus-respon learning, chaining, verbal
association, discrimination learning, concept learning, rule learning, problem
solving.
4. Kejadian-kejadian instruksional seperti :
persiapan belajar, akuisisi dan kinerja, transfer belajar.
6. Terdiri dari 3 komponen utama,
yaitu : (a) sistem untuk menjelaskan diversitas kapabilitas manusia; (b) proses
pemerolehan kapabilitas; (c) langkah-langkah dalam pembelajaran yang mendukung
setiap langkah dalam belajar.
Sumber:
Gredler, Margaret E.
(2011). Learning and Instruction Teori
dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
0 komentar:
Posting Komentar