Sabtu, 15 September 2012

Tugas Kelompok Psikologi Belajar


Nama Anggota :
Imam Damara       09032id.blogspot.com

Ichsan Syah Lubis10011ichsan.blogspot.com
Arief Tri Prabowo 10118arief.blogspot.com 
  

Robert Gagne
Dari hasil pembahasan yang telah dilakukan oleh kelompok, didapatkan berbagai pendapat dari masing-masing anggota kelompok yang kemudian dibahas berdasarkan teori belajar Robert Gagne. Adapun teori-teori yang dipakai seperti:
    1.       Keterampilan apresiasi dan penalaran manusia dengan semua variasinya, dan juga harapan, aspirasi, sikap, dan nilai-nilai manusia, umumnya diakui bahwa perkembangannya sebagian besar bergantung pada peristiwa yang disebut dengan belajar (Gange,1985,h.1)
      
    2.      Tiga prinsip pembelajaran yang efektif :
·         Memberikan pembelajaran
·         Memastikan bahwa setiap tugas komponen itu dikuasai
·         Sekuensi tugas yang dikerjakan
    
   3.      Dalam proses pembelajaran hal yang sangat dominan berperan yakni yang dipengaruhi oleh stimulus respon dan kognitif.
      
     4.      Terdapat 5 asumsi dasar kondisi belajar Gagne, dua diantaranya adalah :
       *  Banyak hasil belajar manusia digeneralisasikan keberbagai macam situas
    *  Belajar manusia adalah kumulatif; belajar keterampilan yang kompleks didasarkan pada belajar sebelumnya.
      
     5.      Gagne melihat proses belajar mengajar dibagi menjadi beberapa komponen penting yaitu :
1.     Fase – fase pembelajaran seperti (1) Receiving the stimulus situation (apprehending), (2) Stage of acquisition, (3) Storage, (4) Retrieval.
2.    Kapabilitas manusia dari hasil belajar (outcomes) seperti : informasi verbal, keterampilan intelektual, keterampilan motorik, sikap dan strategi kognitif.
3.     Kondisi atau tipe pembelajaran seperti kondisi internal dan eksternal atau lebih terperinci seperti signal learning, stimulus-respon learning, chaining, verbal association, discrimination learning, concept learning, rule learning, problem solving.
4.     Kejadian-kejadian instruksional seperti : persiapan belajar, akuisisi dan kinerja, transfer belajar.  

6. Terdiri dari 3 komponen utama, yaitu : (a) sistem untuk menjelaskan diversitas kapabilitas manusia; (b) proses pemerolehan kapabilitas; (c) langkah-langkah dalam pembelajaran yang mendukung setiap langkah dalam belajar.

 

Sumber:
Gredler, Margaret E. (2011). Learning and Instruction Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

0 komentar:

Poskan Komentar