Rabu, 10 Oktober 2012

Evaluasi Proses Pembelajaran di Kelas Dikaitkan dengan Teori B. F. Skinner



  







     Pada waktu ini, penulis akan membahas suatu pengalaman yang terjadi di kelas Mata Kuliah Psikologi Belajar. Seperti yang sudah penulis bahas terkait dengan teori-teori yang dikemukakan oleh B. F. Skinner mengenai proses belajar yang di telaah berdasarkan pengalaman penulis pribadi, maka ini menjadi suatu telaah baru yang dihubungkan dengan proses belajar yang terjadi pada saat Mata Kuliah Psikologi Belajar tadi.  Dan seperti yang penulis tuliskan sebelumnya juga, bahwa dari segi pengalaman sangat bisa dibahas oleh teori-teori B. F. Skinner.
Bercerita mengenai pengalaman tadi, sangat mendapatkan pemahaman mengenai proses belajar yang sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh B. F. Skinner. Dimana teori ini mengandung beberapa pilar-pilar, yakni stimulus, respon, penguatan, hukuman, hadiah, penjadwalan. Mari kita bahas pilar-pilar ini secara umum yang dikaitkan dengan pengalaman dikelas tadi.
Diawali ketika dosen pengampu masuk ke kelas dan menyuruh untuk menyimpan laptop, buku-buku diluar buku psikologi belajar, duduk berjarak satu bangku dan mempersiapkan alat tulis. Lalu, kami pun dengan cepat bertindak untuk menjalankan perintah tersebut. Bahkan, sebagian membaca buku yang dalam pemikiran akan diadakannya kuis, tetapi begitu dosen menyatakan bahwa ini bukan kuis hanya menguji coba teori-teori behaviour menurut B. F. Skinner. Kami sangat lega yang pada awalnya kami cemas karena belum sempat membaca dengan seksama materi-materi yang telah di pelajari. Dari hal ini, stimulus yang diberikan berupa penugasan seperti menyimpan laptop, buku-buku diluar psikologi belajar, duduk berjarak satu bangku dan mempersiapkan alat tulis. Lalu, respon yang dimunculkan seperti stimulus yang diberikan dengan langsung bertindak untuk menyimpan laptop, buku-buku yang tidak ada kaitan dengan mata kuliah, mempersiapkan alat tulis dan duduk berjarak-jarak.
Kemudian, dosen memberikan beberapa benda yakni, kertas HVS, Kertas yang bertuliskan sertifikat dan Kertas yang berbentuk persegi panjang. Dosen juga memberikan informasi mengenai waktu yang diberikan hanya 30 menit dan kami harus bisa membuat suatu produk dari benda-benda yang diberikan dan akan ada 6 pemenang apabila dapat membuat hasil yang baik akan mendapatkan hadiah.  Ini membuat kami semakin terpicu untuk meembuat stimulus ini menjadi produk yang bagus untuk mendapatkan hadiah tersebut. sempat kami merasa bingung untuk melakukan apa dengan stimulus tersebut. Setelah terjadi brainstorming untuk memunculkan ide-ide atau kreativitas maka hal itu dapat terwujudkan. Dengan ide-ide ataupun kreativitas yang keluar dari pikiran maka kami langsung mengolah stimulus tersebut berdasarkan ide yang tercetus. Dan akhirnya kami pun berhasil menghasilkan produk dari 3 benda yang diberikan. Ini merupakan pembahasan yang dimana ada stimulus yang diberikan seperti benda yakni, kertas HVS, Kertas yang bertuliskan sertifikat dan Kertas yang berbentuk persegi panjang, informasi mengenai waktu yang diberikan untuk membuat suatu produk hanya 30 menit  dan akan ada 6 pemenang apabila dapat membuat hasil yang baik akan mendapatkan hadiah . Kemudian respon yang kami lakukan adalah mengerjakan tugas tersebut dengan sesuai waktu dan sebaik-baiknya agar tidak dimarahi oleh dosen yang apabila kami tidak mengerjakan tugas tersebut dan dapat mencapai hasil yang baik agar mendapatkan hadiah. Hadiah tersebut juga merupakan pilar dari teori B. F. Skinner yang bertujuan untuk memberikan perilaku yang sesuai dan lebih maksimal lagi dalam pengerjaanya. Sehingga dengan adanya hadiah akan memunculkan perilaku yang diharapkan dan akan terus berulang untuk semakin lebih baik. Namun, tidak hanya ini yang bisa kita bahas dari perngalaman tersebut. ada pilar-pilar lagi yang terkait dengan pengalaman diatas seperti penguatan dan penjadwalan. Pemberian waktu dalam hal memunculkan perilaku sangat sesuai. Ditinjau dari penjadwalan tugas sehingga memberikan efek pada perilaku untuk menggali potensi, kemudian penjadwalan terhadap pemberian hadiah.
Penjadwalan pemberian hadiah dilakukan pada saat itu juga. Penjadwalan pemberian hadiah memang seharusnya dilakukan setelah perilaku tersebut muncul sesuai harapan. Pemberian hadiah jangan terlalu lama diberikan sehingga akan memberika efek buruk pada perilaku selanjutnya. Dengan pemberian jadwal yang salah akan bisa membuat perilaku yang diharapkan tidak muncul.
Jadi, dari proses belajar dikelas Mata Kuliah Psikologi Belajar memberikan pemahaman yang jelas mengenai teori-teori yang dikemukakan oleh B. F. Skinner.

1 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

idenya bagus Ichsan..inti uraiannya juga bagus...
yang perlu diperhatikan lain kali adalah kalimatnya jangan berbelit-belit saat menguraikan..:)

next time better.. :)

Poskan Komentar