Senin, 07 Februari 2011

Psikologi pendidikan dan media pembelajaran


Mengapa kita harus menggunakan teknologi dalam belajar ?

Pembahasan :

Teknologi adalah salah satu topic penting yang sering di bahas di berbagai buku pendidikan. Teknologi merupakan bagian dari masyaraka informasi Dimana kita kini hidup. Dunia jaman sekarang ialah dunia yang kini berorientasi dengan teknologi, kompetensi orang makin di tantang dan diperluas dengan cepat. Salah satu teknologi yang sangat pesat sekarang adalah computer. Sebuah survei yang dilakukan oleh office of technologi assessment (1995) menemukan bahwa mayoritas guru tidak akrab dengan computer. Walaupun jumlah computer pesat di sekolah. Tetapi, sekolah masih ketinggalan dalam memanfaatkan teknologi tersebut. Di dalam computer terdapat banyak media yang bisa kita gunakan untuk dapat berkomunikasi, menambah wawasan, menjelajahi dunia, yaitu dengan menggunakan internet. Apa sih kegunaan internet dalam dunia pendidikan ?
Internet adalah alat pembelajaran penting dalam duproyek kaya teknologi yang disebut Cooperative Network Educational Community of Tommorow (Co-NECT). Internet adalah inti dari komunikasi melalui computer. System internet berisi ribuan jaringan computer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat di akses murid. Dalam banyak kasus, interne mengandung informasi yang lebih baru ketimbang buku teks. jadi, internet sangat perlu di gunakan untuk mencari dan menambah wawasan, berkomunikasi, mengetahui keadaan dari berbagai seluk beluk dunia, dan lain-lain. Mengapa boleh internet digunakan didalam kelas, apakah itu tidak mengganggu proses belajar mengajar ?

Internet juga dapat digunakan di dalam kelas oleh pengajar, karena merupakan cara efektif dalam proses belajar mengajar. Berikut ini beberapa cara afektif untuk menggunaka internet di dalam kelas :
1.Untuk membantu menavigasi dan mengintegrasikan pengetahuan,
2.Mendorong belajar bersama,
3.Menggunkan e-mail untuk dapat berkomunikasi dengan pakar-pakar,
4.Untuk menigkatkan pengetahuan dan pemahaman guru.

sumber : Jhon W. Santrock

0 komentar:

Poskan Komentar