Rabu, 14 November 2012

Tugas Psikologi Belajar



Mengapa mahasiswa psikologi USU yang mengambil mata kuliah psikologi belajar TA 2012/2013 semester ganjil sebahagian besar tidak memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan rencana melakukan observasi di lapangan?
Berdasarkan pertanyaan di atas dapat kita bahas menggunakan teori-teori yang dikemukakan oleh Robert Gagne. Elemen penting dalam analisis Gange adalah kaitan belajar dengan perkembangan, kompleksitas belajar pada manusia, dan masalah khusus dengan pandangan-pandangan sebelumnya. Dari elemen di atas dapat menjawab pertanyaan tersebut. Mahasiswa psikologi USU yang mengambil mata kuliah psiklogi belajar TA 2012/2013 semester ganjil sebahagian besar tidak memberikan tanggapan digroup sehubungan dengan rencana melakukan observasi di lapangan karena itu bukan merupakan masalah khusus bagi mahasiswa yang dilihat dari pandangan atau pengalaman sebelumnya. Karena, sudah banyak metode observasi ke lapangan yang digunakan di berbagai mata kuliah sebelumnya, sehingga stimulus tersebut kurang memberi respon/sikap untuk memberi tanggapan karena mahasiswa mengidentifikasi tugas tersebut merupakan tugas yang biasa dilakukan pada mata kuliah sebelumnya yang menggunakan metode yang sama dalam belajar.
Dapat juga diperjelas untuk menjawab pertanyaan di atas yakni, instruksi yang diberikan. Menurut Gagne, belajar dapat terjadi baik karena ada satupun atau tidak adanya kegiatan pembelajaran. Akan tetapi masing-masing tahapan belajar diidentifikasi oleh Gagne mungkin dipengaruhi oleh kejadian di luar diri si pembelajar. Ketika dirancang dengan cermat untuk mendukung belajar, maka kegiatan eksternal itu dinamakan kegiatan pembelajaran. Namun, kegiatan eksternal ini tidak menimbulkan aktivitas belajar: mereka hanya dapat mendukung pemrosesan internal pemelajar. Dari teori yang dikemukan Gagne di atas dapat menambah lebih jelas untuk menjawab pertanyaan di atas. Dari instruksi yamg diberikan tidak menimbulkan kejadian dari luar yang mendukung belajar mungkin dikarenakan rancangan belajar tidak cermat sehingga tidak menimbulkan kesan untuk mendorong aktivitas kognitif untuk memberi tanggapan dari tugas yang diinnstruksikan.

1 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

...kenapa hanya ulasan berdasarkan Gagne yang diposting, adinda? :)

Poskan Komentar