NO
|
Tahapan
|
Penerapan
Dalam Kelas
|
Hasil
Observasi
|
1.
|
Menarik Perhatian
|
Diterapkan
|
Guru memberikan sistem pengajaran yang baik dengan kelas yang kondusif.
Komunikasi antara guru dan murid terjalin dengan baik. Suara guru juga terdengar
jelas sehingga dapat memberikan efek fokus siswa terhadap pelajaran. Dari hal
tersebut terlihat dari guru mencoba membuat kelas yang ceria, menarik,
sehingga menarik siswa juga untuk fokus dan dapat memahami pelajaran yang
diberikan. Guru mengucapkan kata-kata yang lucu sehingga murid merasakan
senang ketika belajar. Dan siswa juga terlihat sangat aktif dalam memberikan
respon baik bertanya atau memberi saran/ masukan dalam memahami pelajaran
kepada teman-teman lain. Namun, guru terlihat sangat aktif dan terkadang guru
mengucapkan yang tidak baik seperti “kebanyakan makan kecapnya kau ini”
walaupun tujuan guru melakukan hal itu agar kelas ceria, belajar dengan
kondisi semangat, bahagia ataupun senang.
|
2.
|
Memberikan Informasi kepada Pemelajar
|
Diterapkan
|
Berkaitan dengan informasi yang diberikan guru kepada pemelajar baik.
Guru memberikan tujuan pelajaran serta memberikan tugas dan menjelaskan
dengan detail mengenai tugas sehingga siswa mudah memahami mengenai tugas
serta tujuan dari tugas dan pelajaran pada hari tersebut dengan baik. Hal ini
didukung dengan guru memberikan pemahaman tentang layout, yang dijadikan sebagai tugas untuk memahami pelajaran
yang telah dipelajari.
|
3.
|
Menstimulasi Ingatan atas Hal-hal telah dipelajari
|
Diterapkan
|
Berdasarkan acuan yang ketiga dari tabel yang dipilih menunjukkan bahwa
proses belajar yang diterapkan sesuai dengan harapan (konstruk teori).
Dimana, guru memberikan penjelasan
kembali mengenai pelajaran sebelumnya
|
4.
|
Menyajikan Stimulus Secara Jelas
|
Diterapkan
|
Secara penyajian, guru mencoba memberikan hal-hal yang lebih baik
terhadap siswa. Hal ini didukung oleh guru menunjukkan gambar-gambar yang
menarik sehibngga dapat membantu siswa agar lebih mudah dalam berproses
pelejaran. Guru juga melakukan tranparansi informasi dengan baik sehingga
siswa aktif dalam melakukan proses pemelajaran
|
5.
|
Memberi Bimbingan Belajar
|
Diterapkan
|
Untuk hal memberikan bimbingan belajar, guru melakukan hal demikian.
Guru menyampaikan langkah-langkah secara jelas. seperti bahan tugas hal siswa
tersebut :
Input
- process - output
1.
Tentukan tema sebelum
membuat quiz dengan menggunakan multimedia,
2.
Kemudian setelah tentukan
tema, maka tentukan layout yang mau digunakan,
3.
Setelah itu buatlah
pertanyaan sesuai dengan topik dan tema yang sudah dipilih,
4.
Kemudian, desainlah
secantik, sebagus serta semenarik mungkin.
Dari hal berikut guru melakukan bimbingan belajar dengan baik.
|
6.
|
Memunculkan Kinerja
|
Diterapkan
|
Hal ini juga diterapkan oleh guru tersebut, dengan melakukan penjelasan
singkat mengenai tugas dan cara pengerjaannya. Dan guru kembali menanyakan
kepada siswa mengenai tugas yang diberikan. Dan bahkan, untuk memunculkan
kinerja siswa dengan baik, guru memberi keleluasan untuk memberikan saran
waktu pengumpulan tugas tersebut. sehingga, diharapkan guru agar siswa memang
menyadari tugas tersebut dan akan menyiapkannya sesuai dengan jadwal yang
telah disepakati bersama.
|
7.
|
Memberi Tanggapan/ Umpan Balik
|
Diterapkan
|
Guru dan siswa terjalin komunikasi yang 2 arah. Ketika guru
menyampaikan materi, siswa dengan fokus mendengarkan dengan baik, walaupun
satu atau dua siswa asyik dengan memainkan laptopnya. Namun, ketika guru
menanyakan ada hal yang ingin ditanyakan, banyak respon/ tanggapan/ usulan/
saran dari siswa tentang materi tersebut.
|
8.
|
Performa Ases serta,
|
Tidak Diterapkan
|
Untuk hal ini, guru tidak
menerapkan hal ini. Namun secara keseluruhan, guru serta siswa dapat bekerja
dengan baik dalam proses belajar mengajar.
|
9.
|
Memberi Retensi dan Transfer Grup Diskusi
|
Tidak Diterapkan
|
NO
|
Kapabilitas
|
Deskripsi
|
1.
|
Informasi
|
Observer
mengumpulkan informasi dengan turut serta di dalam kelas melihat dan meancatat
informasi tersebut seperti kondisi kelas, siswa, guru, metode yang diajarkan
oleh guru. Informasi yang telah dikumpulkan akan dijadikan sebagai bahan
analisa terhadap tabel yang telah dipilih observer agar mendapatkan hasil
yang sesuai dengan struktur.
|
2.
|
Keterampilan Motorik
|
Observer
melihat serta mencatat atas semua informasi di dalam kelas tersebut.
|
3.
|
Sikap
|
Observer
fokus dalam mencari informasi, dan observer juga bersikap seperti selayaknya
mengumpulkan informasi yakni dengan melakukan observasi langsung ke kelas
tersebut.
|
4.
|
Siasat Kognitif
Keterampilan Intelektual
-
Membedakan
-
Konsep
-
Aturan
-
Kaidah Tingkat Tinggi
|
Observer
melakukan observasi dengan mengacu pada konsep yakni tabel panduan yang telah
dipilih observer, mengikuti aturan serta langkah-langkah, dan mecoba untuk
menerpakan kaidah tingkat tinggi dalam melakukan observasi.
|
0 komentar:
Posting Komentar