Minggu, 09 Desember 2012

Observasi SMK Tritech Informatika Medan



1.  Nama Observer                    : Ichsan Syah Lubis
2. NIM Observer                     : 101301011
3. Kelas yang diobservasi              : X TKJ 1 Executive
4. Mata Pelajaran                    : Alur Proses Produk Multimedia
5. Nama Guru yang mengajar           : Afdal Syukri
6. Waktu mengobservasi               : 11.55 - 12.20 WIB
7. Durasi observasi                   : 25 Menit
8. Jumlah siswa dalam kelas            : 23 orang
9. Media pembelajaran yang digunakan guru : Laptop yang disambungkan ke LCD, Spidol, Whiteboard, tv infokus
 10.  Media pembelajaran yang digunakan siswa : Laptop pribadi
 11.  Situasi fisik kelas
a. Ukuran kelas         : 9 x 6 1/3 keramik ukuran ± 80x80 cm
b. Jumlah kursi dan meja  : 24 buah
c. TV                 : 1 buah
d. Whiteboard           : 1 buah
e. Mading              : 2 buah
f. Jam dinding           : 1 buah
g. Lemari kecil           : 1 buah
h. AC dan Kipas         : 1 buah
i. setiap sisi dinding ditempelin banyak poster.
 12.  Alat observasi                     : Buku, pena, kursi


Analisis dan Laporan Observasi Kondisi Belajar di SMK Tritech Informatika Medan
      A.    Panduan Melakukan Observasi dari Tabel 5.10
NO
Tahapan
Penerapan Dalam Kelas
Hasil Observasi
1.
Menarik Perhatian

Diterapkan
Guru memberikan sistem pengajaran yang baik dengan kelas yang kondusif. Komunikasi antara guru dan murid terjalin dengan baik. Suara guru juga terdengar jelas sehingga dapat memberikan efek fokus siswa terhadap pelajaran. Dari hal tersebut terlihat dari guru mencoba membuat kelas yang ceria, menarik, sehingga menarik siswa juga untuk fokus dan dapat memahami pelajaran yang diberikan. Guru mengucapkan kata-kata yang lucu sehingga murid merasakan senang ketika belajar. Dan siswa juga terlihat sangat aktif dalam memberikan respon baik bertanya atau memberi saran/ masukan dalam memahami pelajaran kepada teman-teman lain. Namun, guru terlihat sangat aktif dan terkadang guru mengucapkan yang tidak baik seperti “kebanyakan makan kecapnya kau ini” walaupun tujuan guru melakukan hal itu agar kelas ceria, belajar dengan kondisi semangat, bahagia ataupun senang.
2.
Memberikan Informasi kepada Pemelajar
Diterapkan
Berkaitan dengan informasi yang diberikan guru kepada pemelajar baik. Guru memberikan tujuan pelajaran serta memberikan tugas dan menjelaskan dengan detail mengenai tugas sehingga siswa mudah memahami mengenai tugas serta tujuan dari tugas dan pelajaran pada hari tersebut dengan baik. Hal ini didukung dengan guru memberikan pemahaman tentang layout, yang dijadikan sebagai tugas untuk memahami pelajaran yang telah dipelajari.

3.
Menstimulasi Ingatan atas Hal-hal telah dipelajari
Diterapkan
Berdasarkan acuan yang ketiga dari tabel yang dipilih menunjukkan bahwa proses belajar yang diterapkan sesuai dengan harapan (konstruk teori). Dimana,  guru memberikan penjelasan kembali mengenai pelajaran sebelumnya
4.
Menyajikan Stimulus Secara Jelas

Diterapkan
Secara penyajian, guru mencoba memberikan hal-hal yang lebih baik terhadap siswa. Hal ini didukung oleh guru menunjukkan gambar-gambar yang menarik sehibngga dapat membantu siswa agar lebih mudah dalam berproses pelejaran. Guru juga melakukan tranparansi informasi dengan baik sehingga siswa aktif dalam melakukan proses pemelajaran
5.
Memberi Bimbingan Belajar

Diterapkan
Untuk hal memberikan bimbingan belajar, guru melakukan hal demikian. Guru menyampaikan langkah-langkah secara jelas. seperti bahan tugas hal siswa tersebut :
   Input - process - output
1.      Tentukan tema sebelum membuat quiz dengan menggunakan multimedia,
2.      Kemudian setelah tentukan tema, maka tentukan layout yang mau digunakan,
3.      Setelah itu buatlah pertanyaan sesuai dengan topik dan tema yang sudah dipilih,
4.      Kemudian, desainlah secantik, sebagus serta semenarik mungkin.
Dari hal berikut guru melakukan bimbingan belajar dengan baik.

6.
Memunculkan Kinerja
Diterapkan
Hal ini juga diterapkan oleh guru tersebut, dengan melakukan penjelasan singkat mengenai tugas dan cara pengerjaannya. Dan guru kembali menanyakan kepada siswa mengenai tugas yang diberikan. Dan bahkan, untuk memunculkan kinerja siswa dengan baik, guru memberi keleluasan untuk memberikan saran waktu pengumpulan tugas tersebut. sehingga, diharapkan guru agar siswa memang menyadari tugas tersebut dan akan menyiapkannya sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama.

7.
Memberi Tanggapan/ Umpan Balik

Diterapkan
Guru dan siswa terjalin komunikasi yang 2 arah. Ketika guru menyampaikan materi, siswa dengan fokus mendengarkan dengan baik, walaupun satu atau dua siswa asyik dengan memainkan laptopnya. Namun, ketika guru menanyakan ada hal yang ingin ditanyakan, banyak respon/ tanggapan/ usulan/ saran dari siswa tentang materi tersebut.
8.
Performa Ases serta,
Tidak Diterapkan
Untuk hal ini, guru tidak menerapkan hal ini. Namun secara keseluruhan, guru serta siswa dapat bekerja dengan baik dalam proses belajar mengajar.
9.
Memberi Retensi dan Transfer Grup Diskusi
Tidak Diterapkan


     B.    Langkah-Langkah Melakukan Observasi dari Tabel 5.6
NO
Kapabilitas
Deskripsi
1.
Informasi
Observer mengumpulkan informasi dengan turut serta di dalam kelas melihat dan meancatat informasi tersebut seperti kondisi kelas, siswa, guru, metode yang diajarkan oleh guru. Informasi yang telah dikumpulkan akan dijadikan sebagai bahan analisa terhadap tabel yang telah dipilih observer agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan struktur.
2.
Keterampilan Motorik
Observer melihat serta mencatat atas semua informasi di dalam kelas tersebut.
3.
Sikap
Observer fokus dalam mencari informasi, dan observer juga bersikap seperti selayaknya mengumpulkan informasi yakni dengan melakukan observasi langsung ke kelas tersebut.
4.
Siasat Kognitif
Keterampilan Intelektual
-          Membedakan
-          Konsep
-          Aturan
-          Kaidah Tingkat Tinggi
Observer melakukan observasi dengan mengacu pada konsep yakni tabel panduan yang telah dipilih observer, mengikuti aturan serta langkah-langkah, dan mecoba untuk menerpakan kaidah tingkat tinggi dalam melakukan observasi.

     C.   Testimoni
Berdasarkan data observasi yang telah dilakukan, hampur semua tahapan penerapan pembelajaran di terapkan oleh guru dan siswa pada kelas X TKJ 1 Executive di SMK Tritech Informatika Medan. Guru melakukan proses mengajar dengan baik, membuat siswa aktif, kelas kondusif seperti membuat siswa ketawa dan belajar dengan bahagia. Sehingga, memunculkan reaksi siswa dengan aktif dan fokus dalam belajar serta dengan begitu, guru akan dengan mudah menyampaikan serta memahamkan siswa terhadap materi yang di bahas. Secara, keseluruhan sudah sesuai dengan tahapan belajar dari teori Robert Gagne. Namun, rekomendasi yang bisa diberikan yakni diadakannya proses diskusi pada siswa. Dari hal tersebut, siswa akan lebih aktif mencari pemahaman tersendiri dari bahan yang dipelajari.

0 komentar:

Poskan Komentar